Arti Warna dan Seni Menggunakan Simbolisme Warna - Rdesain

    Social Items

Arti Warna dan Seni Menggunakan Simbolisme Warna
Begitu banyaknya warna membuat kita terkadang bingung harus memilih hingga terjebak dengan banyak pilihan. 

Sebagai wirausahawan atau desainer, penting mengetahui makna warna ini untuk membantu kita memilih warna dengan bijak dan memanfaatkan kekuatan magis simbolisme warna.

Warna bisa menjadi alat yang ampuh jika kita tahu cara menggunakannya, untuk bisnis maupun pelanggan, ada banyak tempat di mana warna ikut bermain.

Mungkin sobat langsung memikirkan elemen-elemen branding seperti logo, kartu nama, dan alat tulis.

Pilihan warna juga akan bermakna di seluruh materi komunikasi dan pemasaran online: situs web, media sosial, email, presentasi, serta alat offline seperti selebaran dan kemasan produk. Berikut arti warna dan seni menggunakan simbolisme warna :

1. Merah 

Merah dikaitkan dengan panasnya energi, gairah, dan cinta. Kita “melihat merah” ketika kita marah dan itu juga warna darah, kekuatan dan bahaya, menjadikannya warna yang kuat dalam branding.

Pikirkan warna merah tua truk pemadam kebakaran atau tanda 'berhenti' di lalu lintas. Merah juga dikatakan merangsang nafsu makan, itulah sebabnya mengapa ini populer di rantai makanan cepat saji, paling terkenal di McDonald's , yang memadukan merah dengan warna primer lain, kuning.

Netflix menggunakan warna merah untuk menarik pengguna ke platformnya, dengan ajakan bertindak untuk bergabung atau masuk.

Merek merah lain yang terkenal adalah Coca-Cola (dan, menurut ceritanya, itu adalah kampanye pemasaran Coke yang mencap Santa Claus merah).

Ini akan menarik untuk melihat apa yang terjadi dengan desain ulang kemasan Coca-Cola baru-baru ini karena mereka menjauh dari ikon merah untuk mencocokkan rasa Diet Coke baru dengan warna lain.

Bagaimana Cara Menggunakannya?

Jika sobat memiliki merek yang keras dan ingin menonjol, maka merah bisa menjadi warna untuk sobat. Energinya yang tinggi menjadikannya pilihan tepat untuk minuman kafein, mobil cepat, atau olahraga.

Dengan kualitas yang merangsang nafsu makan, itu cocok untuk restoran yang ingin membawa pelanggan yang lapar.

Ini juga dapat digunakan sebagai warna aksen untuk menarik perhatian pada sesuatu di kemasan, atau mendapatkan pengunjung untuk 'membelinya sekarang' di situs web sobat.

2. Oren (Jeruk)

Sebagai warna sekunder, oranye memadukan kehangatan dan panas warna merah dengan keceriaan dan keceriaan warna kuning.

Ini menarik perhatian tanpa seberani merah, dan digunakan untuk rambu peringatan seperti kerucut lalu lintas dan pakaian visibilitas tinggi.

Ini adalah warna yang energik yang dapat mengingatkan kesehatan dan vitalitas, mengingat kaitannya yang jelas dengan jeruk dan vitamin C.Ini juga merupakan warna muda, membawa unsur semangat dan kesenangan.

Bagaimana cara menggunakannya ?

Oren dapat menjadi pilihan tepat untuk merek muda dan kreatif yang ingin sedikit berbeda dengan mainstream.

Ini adalah warna yang ramah yang juga merangsang aksi, jadi seperti merah, dapat digunakan sebagai warna aksen untuk menarik perhatian dan meningkatkan aktivitas.

3. Kuning

Kuning adalah warna matahari, wajah tersenyum dan bunga matahari. Warnanya bahagia, warna muda, penuh harapan dan kepositifan.

Ini warna lain yang menarik perhatian dan untuk alasan itu juga dapat digunakan menandakan kehati-hatian, seperti merah dan oren.

Lengkungan emas McDonald's (yah, warnanya kuning, sungguh) adalah simbol yang diakui secara global yang dapat dilihat dari jauh dan langsung dikaitkan dengan makanan cepat saji.

Bagaimana cara menggunakannya?

Kuning adalah pilihan tepat jika kecepatan, kesenangan, dan biaya rendah adalah atribut yang ingin di kaitkan dengan merek sobat.

Berhati-hatilah dengan warna yang berbeda: kuning cerah akan langsung menarik perhatian orang dan ini adalah cara yang berguna untuk menyoroti atau memberi aksen desain, kuning pucat atau hangat dapat terlihat alami dan sehat, sedangkan kuning neon justru bisa sangat artifisial.

4. Hijau

Hijau secara universal dikaitkan dengan alam, terkait dengan rumput, tanaman, dan pohon. Ini juga mewakili pertumbuhan dan pembaruan, menjadi warna musim semi dan kelahiran kembali.

Asosiasi lain adalah "mendapatkan lampu hijau" untuk melanjutkan, memberikan asosiasi dengan mengambil tindakan. Di AS, hijau (dan terutama hijau tua) juga dikaitkan dengan uang dan karenanya mewakili kemakmuran dan stabilitas.

Hijau juga sering dilihat sebagai warna keempat di atas warna merah, kuning, dan biru primer (pikirkan Microsoft dan Google ), membawa rasa keseimbangan visual dan, sebagai hasilnya, pengaruh yang menenangkan dan menenangkan.

Merek-merek terkenal yang menggunakan berbagai nuansa hijau termasuk Starbucks , Spotify dan Whole Foods Market .

Bagaimana cara menggunakannya?

Koneksi ke alam menjadikan hijau pilihan alami, untuk merek yang ramah lingkungan, organik, atau berkelanjutan.

5. Biru

Biru adalah warna yang tenang dan menenangkan yang mewakili kecerdasan dan tanggung jawab, biru itu sejuk dan santai.

Warna biru muda itu damai, sementara biru tua bisa menandakan kedalaman dan kekuatan. Ini adalah warna paling populer di dunia, baik ketika datang ke preferensi pribadi (untuk kedua jenis kelamin) dan penggunaan dalam logo bisnis.

Ini adalah warna utama untuk institusi korporat tepercaya, yang sering kali dikombinasikan dengan abu-abu yang matang :
  • Perusahaan IT misalnya Intel, Microsoft, IBM, HP, Dell
  • Institusi keuangan seperti American Express, Visa, Goldman Sachs, Paypal
  • Perusahaan besar misalnya Procter & Gamble, General Electric, General Motors, Boeing dan Lowe's
  • Biru juga merupakan pilihan alami untuk jaringan profesional LinkedIn.

Menariknya, biru adalah warna pilihan bagi banyak jejaring sosial lainnya juga salah satunya yaitu facebook.

Asosiasi dengan kepercayaan dan kebergantungan bekerja dengan baik dalam konteks jejaring sosial, dengan semua masalah seputar privasi data dan sebagainya, dan sobat akan menemukan bahwa Twitter juga biru, seperti Instagram, VKontakte Rusia, dan bahkan situs media sosial Mashable.

Bagaimana cara menggunakannya?

Jika sobat ingin segera dikaitkan dengan profesionalisme dan kepercayaan, maka biru adalah warna yang tepat.

Karena disukai secara universal, itu juga pilihan yang bagus jika sobat ingin menarik bagi pria dan wanita.

Keterkaitannya dengan ketenangan berarti biru juga cocok jika bisnis sobat dalam hal-hal seperti relaksasi, terapi atau meditasi.

6. Ungu

Ungu adalah warna yang menarik, hangat, dingin serta menggabungkan gairah dan energi merah dengan ketenangan juga ketenangan biru.

Karena hubungannya dengan royalti, ungu secara inheren bergengsi dan mewah. Pewarna ungu secara historis mahal, yang berarti hanya penguasa kaya yang mampu membelinya.

Kelas penguasa dan raja dan ratu tua akan mengenakan ungu dan Ratu Elizabeth I bahkan melarang siapa pun di luar keluarga kerajaan untuk memakainya.

Ungu juga dikaitkan dengan agama dan spiritualitas, karena penguasa kuno dianggap sebagai keturunan para dewa dan warna memiliki makna khusus dalam agama-agama termasuk Katolik, Yudaisme dan Budha. 

Sobat dapat melihat penggunaan ungu yang lebih khas pada merek Asprey, sebuah perusahaan mewah Inggris dengan warisan yang berasal dari tahun 1700-an.

7. Pink

Pink mewakili feminitas dan romansa, kepekaan dan kelembutan. Secara inheren manis, imut dan menawan.

Bagaimana cara menggunakannya?

Menggunakan pink adalah jalan pintas cepat untuk berkomunikasi "ini untuk wanita" dan jika sobat tahu itu akan menarik bagi target pasar wanita, maka itu adalah pilihan yang bagus.

8. Coklat

Coklat adalah warna alami, terkait dengan bumi dan sebagai hasilnya memberi rasa stabilitas dan dukungan.

Mengingat keterkaitannya dengan bumi dan alam, coklat mengingatkan kita pada pertanian dan pertanian dan kegiatan luar ruangan lainnya. Ini hangat dan ramah, praktis dan dapat diandalkan, dan juga dapat mewakili gaya lama dan mapan.

Coklat tidak sering digunakan dalam logo. Ketika itu, ia cenderung mewakili utilitas. Meskipun biru adalah warna khas perusahaan, UPS telah menggunakan warna cokelat untuk mewakili ketergantungan (bersama dengan tambahan warna kuning untuk menghadirkan unsur kehangatan dan keramahan). 

Bagaimana cara menggunakannya?

Pilihan warna coklat menambah efek cap tradisional yang tampak dalam desain logo toko roti Welsh oleh ultrastjarna .

Coklat adalah warna hangat dan netral yang dapat sobat gunakan sebagai latar belakang menunjukkan kehangatan dan keutuhan.

Gunakan untuk merek bersahaja dan dalam pasangan alami dengan hijau untuk benar-benar menangkap nuansa organik.

Sobat juga bisa menggunakan cokelat untuk memberi kesan warisan yang mapan dan rasa tradisi. Brown cocok untuk merek cokelat, karena alasan yang jelas.

9. Hitam

Hitam adalah warna yang sangat serbaguna dan mungkin warna yang paling banyak digunakan dalam desain grafis.

Dalam hal branding dan pemasaran, hitam umumnya dikaitkan dengan eksklusivitas, kekuatan, dan keanggunan. Ini berani, kuat, dan sedikit misterius, yang menjadikannya favorit perusahaan modern. 

Tergantung pada konteks desain, itu dapat digunakan untuk membuat tampilan yang keren dan tidak dapat didekati juga.

Pada saat yang sama, itu adalah warna yang pada dasarnya netral yang bekerja dengan baik dalam kombinasi dengan warna lain dan sering digunakan untuk tipografi dan elemen desain pentanahan lainnya.

Bagaimana cara menggunakannya?

Jika sobat ingin menyampaikan kesan mewah,  pas sekali dengan skema warna hitam-putih yang sederhana, di kombinasikan dengan emas, perak atau mengapa tidak berwarna ungu royal, sobat akan memberikan kesan eksklusif dan prestise pada merek.

Di sisi lain, hitam juga dapat digunakan dengan warna-warna cerah untuk kontras dan ketika dikombinasikan dengan warna-warna kuat lainnya seperti merah atau oranye itu bisa sangat berdampak dan mendebarkan.

10. Putih

Cahaya putih sebenarnya mengandung semua warna pelangi, tetapi setidaknya bagi mata telanjang, putih adalah kebalikannya itu adalah tidak adanya warna apa pun.

Ketika digunakan dalam desain dan branding, putih menciptakan estetika minimalis. Ini bisa sangat sederhana, bersih dan modern. Ini juga merupakan warna yang paling netral dari semua dan bisa sangat non-deskriptif sebagai dasar untuk warna lain yang lebih menarik.

Iklan dan kemasan Apple memberikan ilustrasi yang kuat tentang bagaimana putih dapat digunakan untuk estetika modern dan minimalis yang menempatkan panggung pusat desain produk yang indah.

Marc Jacobs mencetak logo hitam sederhana ke kotak ritel mewah putih dan tas belanja. Merek-merek kesehatan dan kecantikan yang ingin menghadirkan suasana kemurnian dan bahan-bahan alami juga akan cenderung menggunakan warna putih dalam kemasannya. Ini sangat cocok untuk merek pernikahan.

11. Abu-abu

Abu-abu adalah warna yang lebih dewasa, bertanggung jawab, terkait dengan uban di usia tua. Konotasi positifnya mencakup formalitas dan ketergantungan, sementara sisi negatifnya bisa berarti terlalu konservatif, konvensional, dan kurang emosi. Ini aman dan cukup tenang, serius dan pendiam.

Bagaimana cara menggunakannya?

Gunakan abu-abu jika sobat memiliki merek yang serius dan jika ingin mengomunikasikan otoritas dan stabilitas lembaga perusahaan.

Gabungkan dengan warna biru untuk yang terbaik dalam konservatisme dan ketergantungan. Ini sebenarnya juga merupakan warna yang sangat populer dalam desain web.

Menggunakan abu-abu sebagai alternatif putih untuk latar belakang situs web yang lebih lembut atau sebagai alternatif untuk teks hitam, untuk kontras yang kurang keras, dan lebih mudah dibaca.

12. Multicolor

Telah melihat arti warna individu? Jadi apa yang terjadi ketika kita menyatukan mereka semua? Perasaan apa yang ditimbulkan dengan desain warna-warni?.

Nah, walaupun branding monokromatik dapat menghadirkan fokus dan gaya, branding yang penuh warna dapat menunjukkan bahwa merek itu main-main, informal, dan kreatif.

Seperti yang dapat kita bayangkan, merek anak-anak sering menggunakan desain warna-warni, tetapi merek dewasa juga bisa menjadi kreatif! Google menggunakan banyak warna dalam logonya untuk mewakili keceriaan merek.

Bagaimana cara menggunakannya?

Mengapa memilih satu saat kita dapat memilih semuanya ?! Menggunakan banyak warna dalam branding dan desain, kitta bisa menjadi cara yang bagus untuk menonjol, menunjukkan kegembiraan dan daya tarik kepada anak-anak atau audiens yang lebih kreatif.

Pikirkan tentang apakah kita ingin menggunakan warna komplementer untuk memberikan 'pop' nyata (warna yang berlawanan pada roda warna, misalnya, ungu dan oranye), warna analog untuk harmoni yang lebih besar (warna yang duduk bersebelahan, misalnya , merah, oranye dan kuning) atau warna triadik untuk efek yang lebih dinamis (warna yang ditempatkan secara merata di sekitar roda warna).

13.  Emas

Emas dan perak adalah logam mulia, yang terkait dengan kekayaan dan perhiasan mahal. Seringkali dikombinasikan dengan warna hitam, menambahkan sentuhan logam yang berkilauan dapat langsung memberi merek elemen glamor.

Emas juga merupakan warna pemenang, dikaitkan dengan medali untuk tempat pertama, dan dapat mewakili kesuksesan.

Ini warna hangat yang terkait dengan kuning dan sebagai hasilnya berbagi atribut perasaan cerah dan ceria.

Perak lebih dingin dan sedikit tidak mewah, berada di posisi kedua tetapi tetap mewakili keanggunan. Perunggu tempat ketiga menangkap kualitas cokelat sehingga lebih bersahaja, alami, dan dewasa.

Rolex menggunakan mahkota emas dalam logonya, sedangkan Lamborghini dan Porsche menggunakan elemen emas juga.

Jelas, emas adalah warna kemewahan! Di sisi lain, perak banyak digunakan dalam logo mobil — VW , Toyota , Hyundai , Nissan , Audi , Mercedes, di mana ia menunjukkan kualitas dan pengerjaan.

Ketahui arti warna sobat 

Orang mungkin memiliki preferensi pribadi yang mengesampingkan kecenderungan biologis yang lebih dalam, budaya berbeda dalam interpretasi mereka dan mungkin ada hal-hal lain yang ingin sobat pertimbangkan juga.

Sekarang setelah sobat tahu arti warna, sobat bisa bermain-main dengannya dan melihat mana yang cocok untuk sobat tentunya. 


Itulah pembahasan mengenai arti warna dan simbolisme warna bagaimana menggunakan kekuatan warna pada merek, Semoga membantu bagi sobat semuanya, sekian dan terima kasih.

Arti Warna dan Seni Menggunakan Simbolisme Warna

Arti Warna dan Seni Menggunakan Simbolisme Warna
Begitu banyaknya warna membuat kita terkadang bingung harus memilih hingga terjebak dengan banyak pilihan. 

Sebagai wirausahawan atau desainer, penting mengetahui makna warna ini untuk membantu kita memilih warna dengan bijak dan memanfaatkan kekuatan magis simbolisme warna.

Warna bisa menjadi alat yang ampuh jika kita tahu cara menggunakannya, untuk bisnis maupun pelanggan, ada banyak tempat di mana warna ikut bermain.

Mungkin sobat langsung memikirkan elemen-elemen branding seperti logo, kartu nama, dan alat tulis.

Pilihan warna juga akan bermakna di seluruh materi komunikasi dan pemasaran online: situs web, media sosial, email, presentasi, serta alat offline seperti selebaran dan kemasan produk. Berikut arti warna dan seni menggunakan simbolisme warna :

1. Merah 

Merah dikaitkan dengan panasnya energi, gairah, dan cinta. Kita “melihat merah” ketika kita marah dan itu juga warna darah, kekuatan dan bahaya, menjadikannya warna yang kuat dalam branding.

Pikirkan warna merah tua truk pemadam kebakaran atau tanda 'berhenti' di lalu lintas. Merah juga dikatakan merangsang nafsu makan, itulah sebabnya mengapa ini populer di rantai makanan cepat saji, paling terkenal di McDonald's , yang memadukan merah dengan warna primer lain, kuning.

Netflix menggunakan warna merah untuk menarik pengguna ke platformnya, dengan ajakan bertindak untuk bergabung atau masuk.

Merek merah lain yang terkenal adalah Coca-Cola (dan, menurut ceritanya, itu adalah kampanye pemasaran Coke yang mencap Santa Claus merah).

Ini akan menarik untuk melihat apa yang terjadi dengan desain ulang kemasan Coca-Cola baru-baru ini karena mereka menjauh dari ikon merah untuk mencocokkan rasa Diet Coke baru dengan warna lain.

Bagaimana Cara Menggunakannya?

Jika sobat memiliki merek yang keras dan ingin menonjol, maka merah bisa menjadi warna untuk sobat. Energinya yang tinggi menjadikannya pilihan tepat untuk minuman kafein, mobil cepat, atau olahraga.

Dengan kualitas yang merangsang nafsu makan, itu cocok untuk restoran yang ingin membawa pelanggan yang lapar.

Ini juga dapat digunakan sebagai warna aksen untuk menarik perhatian pada sesuatu di kemasan, atau mendapatkan pengunjung untuk 'membelinya sekarang' di situs web sobat.

2. Oren (Jeruk)

Sebagai warna sekunder, oranye memadukan kehangatan dan panas warna merah dengan keceriaan dan keceriaan warna kuning.

Ini menarik perhatian tanpa seberani merah, dan digunakan untuk rambu peringatan seperti kerucut lalu lintas dan pakaian visibilitas tinggi.

Ini adalah warna yang energik yang dapat mengingatkan kesehatan dan vitalitas, mengingat kaitannya yang jelas dengan jeruk dan vitamin C.Ini juga merupakan warna muda, membawa unsur semangat dan kesenangan.

Bagaimana cara menggunakannya ?

Oren dapat menjadi pilihan tepat untuk merek muda dan kreatif yang ingin sedikit berbeda dengan mainstream.

Ini adalah warna yang ramah yang juga merangsang aksi, jadi seperti merah, dapat digunakan sebagai warna aksen untuk menarik perhatian dan meningkatkan aktivitas.

3. Kuning

Kuning adalah warna matahari, wajah tersenyum dan bunga matahari. Warnanya bahagia, warna muda, penuh harapan dan kepositifan.

Ini warna lain yang menarik perhatian dan untuk alasan itu juga dapat digunakan menandakan kehati-hatian, seperti merah dan oren.

Lengkungan emas McDonald's (yah, warnanya kuning, sungguh) adalah simbol yang diakui secara global yang dapat dilihat dari jauh dan langsung dikaitkan dengan makanan cepat saji.

Bagaimana cara menggunakannya?

Kuning adalah pilihan tepat jika kecepatan, kesenangan, dan biaya rendah adalah atribut yang ingin di kaitkan dengan merek sobat.

Berhati-hatilah dengan warna yang berbeda: kuning cerah akan langsung menarik perhatian orang dan ini adalah cara yang berguna untuk menyoroti atau memberi aksen desain, kuning pucat atau hangat dapat terlihat alami dan sehat, sedangkan kuning neon justru bisa sangat artifisial.

4. Hijau

Hijau secara universal dikaitkan dengan alam, terkait dengan rumput, tanaman, dan pohon. Ini juga mewakili pertumbuhan dan pembaruan, menjadi warna musim semi dan kelahiran kembali.

Asosiasi lain adalah "mendapatkan lampu hijau" untuk melanjutkan, memberikan asosiasi dengan mengambil tindakan. Di AS, hijau (dan terutama hijau tua) juga dikaitkan dengan uang dan karenanya mewakili kemakmuran dan stabilitas.

Hijau juga sering dilihat sebagai warna keempat di atas warna merah, kuning, dan biru primer (pikirkan Microsoft dan Google ), membawa rasa keseimbangan visual dan, sebagai hasilnya, pengaruh yang menenangkan dan menenangkan.

Merek-merek terkenal yang menggunakan berbagai nuansa hijau termasuk Starbucks , Spotify dan Whole Foods Market .

Bagaimana cara menggunakannya?

Koneksi ke alam menjadikan hijau pilihan alami, untuk merek yang ramah lingkungan, organik, atau berkelanjutan.

5. Biru

Biru adalah warna yang tenang dan menenangkan yang mewakili kecerdasan dan tanggung jawab, biru itu sejuk dan santai.

Warna biru muda itu damai, sementara biru tua bisa menandakan kedalaman dan kekuatan. Ini adalah warna paling populer di dunia, baik ketika datang ke preferensi pribadi (untuk kedua jenis kelamin) dan penggunaan dalam logo bisnis.

Ini adalah warna utama untuk institusi korporat tepercaya, yang sering kali dikombinasikan dengan abu-abu yang matang :
  • Perusahaan IT misalnya Intel, Microsoft, IBM, HP, Dell
  • Institusi keuangan seperti American Express, Visa, Goldman Sachs, Paypal
  • Perusahaan besar misalnya Procter & Gamble, General Electric, General Motors, Boeing dan Lowe's
  • Biru juga merupakan pilihan alami untuk jaringan profesional LinkedIn.

Menariknya, biru adalah warna pilihan bagi banyak jejaring sosial lainnya juga salah satunya yaitu facebook.

Asosiasi dengan kepercayaan dan kebergantungan bekerja dengan baik dalam konteks jejaring sosial, dengan semua masalah seputar privasi data dan sebagainya, dan sobat akan menemukan bahwa Twitter juga biru, seperti Instagram, VKontakte Rusia, dan bahkan situs media sosial Mashable.

Bagaimana cara menggunakannya?

Jika sobat ingin segera dikaitkan dengan profesionalisme dan kepercayaan, maka biru adalah warna yang tepat.

Karena disukai secara universal, itu juga pilihan yang bagus jika sobat ingin menarik bagi pria dan wanita.

Keterkaitannya dengan ketenangan berarti biru juga cocok jika bisnis sobat dalam hal-hal seperti relaksasi, terapi atau meditasi.

6. Ungu

Ungu adalah warna yang menarik, hangat, dingin serta menggabungkan gairah dan energi merah dengan ketenangan juga ketenangan biru.

Karena hubungannya dengan royalti, ungu secara inheren bergengsi dan mewah. Pewarna ungu secara historis mahal, yang berarti hanya penguasa kaya yang mampu membelinya.

Kelas penguasa dan raja dan ratu tua akan mengenakan ungu dan Ratu Elizabeth I bahkan melarang siapa pun di luar keluarga kerajaan untuk memakainya.

Ungu juga dikaitkan dengan agama dan spiritualitas, karena penguasa kuno dianggap sebagai keturunan para dewa dan warna memiliki makna khusus dalam agama-agama termasuk Katolik, Yudaisme dan Budha. 

Sobat dapat melihat penggunaan ungu yang lebih khas pada merek Asprey, sebuah perusahaan mewah Inggris dengan warisan yang berasal dari tahun 1700-an.

7. Pink

Pink mewakili feminitas dan romansa, kepekaan dan kelembutan. Secara inheren manis, imut dan menawan.

Bagaimana cara menggunakannya?

Menggunakan pink adalah jalan pintas cepat untuk berkomunikasi "ini untuk wanita" dan jika sobat tahu itu akan menarik bagi target pasar wanita, maka itu adalah pilihan yang bagus.

8. Coklat

Coklat adalah warna alami, terkait dengan bumi dan sebagai hasilnya memberi rasa stabilitas dan dukungan.

Mengingat keterkaitannya dengan bumi dan alam, coklat mengingatkan kita pada pertanian dan pertanian dan kegiatan luar ruangan lainnya. Ini hangat dan ramah, praktis dan dapat diandalkan, dan juga dapat mewakili gaya lama dan mapan.

Coklat tidak sering digunakan dalam logo. Ketika itu, ia cenderung mewakili utilitas. Meskipun biru adalah warna khas perusahaan, UPS telah menggunakan warna cokelat untuk mewakili ketergantungan (bersama dengan tambahan warna kuning untuk menghadirkan unsur kehangatan dan keramahan). 

Bagaimana cara menggunakannya?

Pilihan warna coklat menambah efek cap tradisional yang tampak dalam desain logo toko roti Welsh oleh ultrastjarna .

Coklat adalah warna hangat dan netral yang dapat sobat gunakan sebagai latar belakang menunjukkan kehangatan dan keutuhan.

Gunakan untuk merek bersahaja dan dalam pasangan alami dengan hijau untuk benar-benar menangkap nuansa organik.

Sobat juga bisa menggunakan cokelat untuk memberi kesan warisan yang mapan dan rasa tradisi. Brown cocok untuk merek cokelat, karena alasan yang jelas.

9. Hitam

Hitam adalah warna yang sangat serbaguna dan mungkin warna yang paling banyak digunakan dalam desain grafis.

Dalam hal branding dan pemasaran, hitam umumnya dikaitkan dengan eksklusivitas, kekuatan, dan keanggunan. Ini berani, kuat, dan sedikit misterius, yang menjadikannya favorit perusahaan modern. 

Tergantung pada konteks desain, itu dapat digunakan untuk membuat tampilan yang keren dan tidak dapat didekati juga.

Pada saat yang sama, itu adalah warna yang pada dasarnya netral yang bekerja dengan baik dalam kombinasi dengan warna lain dan sering digunakan untuk tipografi dan elemen desain pentanahan lainnya.

Bagaimana cara menggunakannya?

Jika sobat ingin menyampaikan kesan mewah,  pas sekali dengan skema warna hitam-putih yang sederhana, di kombinasikan dengan emas, perak atau mengapa tidak berwarna ungu royal, sobat akan memberikan kesan eksklusif dan prestise pada merek.

Di sisi lain, hitam juga dapat digunakan dengan warna-warna cerah untuk kontras dan ketika dikombinasikan dengan warna-warna kuat lainnya seperti merah atau oranye itu bisa sangat berdampak dan mendebarkan.

10. Putih

Cahaya putih sebenarnya mengandung semua warna pelangi, tetapi setidaknya bagi mata telanjang, putih adalah kebalikannya itu adalah tidak adanya warna apa pun.

Ketika digunakan dalam desain dan branding, putih menciptakan estetika minimalis. Ini bisa sangat sederhana, bersih dan modern. Ini juga merupakan warna yang paling netral dari semua dan bisa sangat non-deskriptif sebagai dasar untuk warna lain yang lebih menarik.

Iklan dan kemasan Apple memberikan ilustrasi yang kuat tentang bagaimana putih dapat digunakan untuk estetika modern dan minimalis yang menempatkan panggung pusat desain produk yang indah.

Marc Jacobs mencetak logo hitam sederhana ke kotak ritel mewah putih dan tas belanja. Merek-merek kesehatan dan kecantikan yang ingin menghadirkan suasana kemurnian dan bahan-bahan alami juga akan cenderung menggunakan warna putih dalam kemasannya. Ini sangat cocok untuk merek pernikahan.

11. Abu-abu

Abu-abu adalah warna yang lebih dewasa, bertanggung jawab, terkait dengan uban di usia tua. Konotasi positifnya mencakup formalitas dan ketergantungan, sementara sisi negatifnya bisa berarti terlalu konservatif, konvensional, dan kurang emosi. Ini aman dan cukup tenang, serius dan pendiam.

Bagaimana cara menggunakannya?

Gunakan abu-abu jika sobat memiliki merek yang serius dan jika ingin mengomunikasikan otoritas dan stabilitas lembaga perusahaan.

Gabungkan dengan warna biru untuk yang terbaik dalam konservatisme dan ketergantungan. Ini sebenarnya juga merupakan warna yang sangat populer dalam desain web.

Menggunakan abu-abu sebagai alternatif putih untuk latar belakang situs web yang lebih lembut atau sebagai alternatif untuk teks hitam, untuk kontras yang kurang keras, dan lebih mudah dibaca.

12. Multicolor

Telah melihat arti warna individu? Jadi apa yang terjadi ketika kita menyatukan mereka semua? Perasaan apa yang ditimbulkan dengan desain warna-warni?.

Nah, walaupun branding monokromatik dapat menghadirkan fokus dan gaya, branding yang penuh warna dapat menunjukkan bahwa merek itu main-main, informal, dan kreatif.

Seperti yang dapat kita bayangkan, merek anak-anak sering menggunakan desain warna-warni, tetapi merek dewasa juga bisa menjadi kreatif! Google menggunakan banyak warna dalam logonya untuk mewakili keceriaan merek.

Bagaimana cara menggunakannya?

Mengapa memilih satu saat kita dapat memilih semuanya ?! Menggunakan banyak warna dalam branding dan desain, kitta bisa menjadi cara yang bagus untuk menonjol, menunjukkan kegembiraan dan daya tarik kepada anak-anak atau audiens yang lebih kreatif.

Pikirkan tentang apakah kita ingin menggunakan warna komplementer untuk memberikan 'pop' nyata (warna yang berlawanan pada roda warna, misalnya, ungu dan oranye), warna analog untuk harmoni yang lebih besar (warna yang duduk bersebelahan, misalnya , merah, oranye dan kuning) atau warna triadik untuk efek yang lebih dinamis (warna yang ditempatkan secara merata di sekitar roda warna).

13.  Emas

Emas dan perak adalah logam mulia, yang terkait dengan kekayaan dan perhiasan mahal. Seringkali dikombinasikan dengan warna hitam, menambahkan sentuhan logam yang berkilauan dapat langsung memberi merek elemen glamor.

Emas juga merupakan warna pemenang, dikaitkan dengan medali untuk tempat pertama, dan dapat mewakili kesuksesan.

Ini warna hangat yang terkait dengan kuning dan sebagai hasilnya berbagi atribut perasaan cerah dan ceria.

Perak lebih dingin dan sedikit tidak mewah, berada di posisi kedua tetapi tetap mewakili keanggunan. Perunggu tempat ketiga menangkap kualitas cokelat sehingga lebih bersahaja, alami, dan dewasa.

Rolex menggunakan mahkota emas dalam logonya, sedangkan Lamborghini dan Porsche menggunakan elemen emas juga.

Jelas, emas adalah warna kemewahan! Di sisi lain, perak banyak digunakan dalam logo mobil — VW , Toyota , Hyundai , Nissan , Audi , Mercedes, di mana ia menunjukkan kualitas dan pengerjaan.

Ketahui arti warna sobat 

Orang mungkin memiliki preferensi pribadi yang mengesampingkan kecenderungan biologis yang lebih dalam, budaya berbeda dalam interpretasi mereka dan mungkin ada hal-hal lain yang ingin sobat pertimbangkan juga.

Sekarang setelah sobat tahu arti warna, sobat bisa bermain-main dengannya dan melihat mana yang cocok untuk sobat tentunya. 


Itulah pembahasan mengenai arti warna dan simbolisme warna bagaimana menggunakan kekuatan warna pada merek, Semoga membantu bagi sobat semuanya, sekian dan terima kasih.

Related Post

Disqus Codes
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>
  • To write a underline letter please use <u></u>
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

Featured Post

Subscribe Our Newsletter

Notifications

Disqus Logo