6 Prinsip Utama Desain Logo - Rdesain

    Social Items

6 Prinsip Utama Desain Logo

Tujuan dari pembuatan logo itu sendiri adalah untuk mewakili merek kepada kepada semua orang, sementara juga sebagai pembeda kita dari orang lain di luar sana.

Ketika seseorang melihat logo kamu, mereka harus dapat menentukan dua hal: apakah mereka menginginkan produk dan apakah mereka ingin membelinya dari perusahaan kamu. Prinsip-prinsip desain logo akan membantu kamu melakukan itu

Mempelajari cara mendesain logo bisa terasa luar biasa. Di mana kamu mulai? Di situlah aturan logo di bawah berguna.

Desain logo adalah proses yang semakin mudah ketika kamu mendekatinya dengan pengetahuan, pengalaman dan rencana yang solid.

Jika kamu ingin membuat sesuatu yang hebat, penting untuk mengetahui prinsip - prinsip desain grafis dan mempelajari beberapa dasar-dasar desain grafis.


Kemudian tentukan siapa pelanggan dan apa yang ingin kamu beri tahu mereka. Pilihan desain logo akan membuat perbedaan besar dalam membantu kamu mengkomunikasikan pesan-pesan kepada pelanggan.

6 Prinsip Utama Desain Logo

Prinsip-prinsip desain logo di bawah ini adalah aturan yang perlu kamu ikuti jika ingin membuat logo yang efektif dan sukses.

1. Kesederhanaan


Kesederhanaan adalah apa yang membantu logo bertahan melawan tantangan waktu dan apa yang membuatnya dapat ditiru dan mudah dikerjakan. Pilihan bijak dalam jenis huruf, opsi warna dan grafik sangat penting untuk langkah ini.

Apakah logo kamu terdiri dari beberapa nuansa, gambar, font, huruf yang tumpang tindih? Pilih hanya beberapa elemen aktif untuk desain kamu, logo yang bagus tidak terlalu penuh dengan elemen, dan jangan lupa ruang putih! Kesederhanaan membutuhkan penggunaan spasi yang luar biasa.

Elemen-elemen yang membentuk logo kamu perlu bernafas sehingga logo menonjol dan berbicara dengan jelas kepada audiens

2. Orisinalitas


Logo harus cukup berbeda untuk menarik perhatian dan cukup berkesan untuk tetap diingat orang.

Pikirkan semua logo tak terlupakan yang tersimpan di ingatan kamu : Starbucks, UPS dan Apple berada di urutan teratas dalam daftar.

Mungkin kita mengingatnya karena kita melihatnya tanpa henti, tetapi mungkin juga karena mereka asli dan tak terlupakan. Logo yang berhasil menonjol dari kerumunan dengan menjadi berbeda, orisinal dan mudah diingat.

Logo kamu harus menarik pandangan pertama yang orang akan ingat dan kemudian mengungkapkan kepercayaan dan keandalan setelah interaksi berulang.

Sebuah desain logo yang unik panggilan untuk konsep desain yang unik. Ini adalah titik dalam desain logo di mana kesenian bertemu ide-ide hebat dan pemahaman yang kuat tentang desain konsumen.

Seorang desainer grafis yang terampil dapat menanggapi tujuan logo kamu, dengan semua pertimbangan ini dalam pikiran dan menciptakan sesuatu yang benar-benar asli.

3. Fleksibilitas


Logo kamu memiliki pekerjaan besar. Ini akan menghiasi semua produk kamu, papan nama toko, iklan digital dan banyak lagi (pikirkan kaos dan stiker bemper!).

Jadi, logo kamu harus fleksibel dan dapat disesuaikan untuk mendarat di mana saja. Pikirkan semua tempat yang kamu ingin menggunakan logo dan pastikan itu terlihat bagus di setiap tempat.

Memiliki logo yang sederhana dan mudah dikenali dapat membantu dengan keserbagunaan. Cara hebat lainnya untuk mencapai keserbagunaan adalah dengan logo yang responsif.

Logo responsif bersifat adaptif dan memiliki variasi ukuran, kompleksitas, atau bahkan warna yang berbeda untuk mengakomodasi dan beradaptasi di mana pun ditempatkan.

Aturan praktisnya adalah bahwa logo kamu juga harus dapat bekerja dengan warna atau latar belakang apa pun.

Itu berarti perlu terlihat bagus dalam warna hitam dan putih tanpa efek. Ini adalah bentuk tulang logo kamu yang paling telanjang. Apakah masih unik dan mudah diingat? Apakah masih membawa suara perusahaan kamu?

4. Skalabilitas


Demikian pula, logo kamu harus dapat beradaptasi dengan ukuran apa pun. Apakah bisa menggunakan papan iklan raksasa dan pena kecil? Kembali ke prinsip adaptasi, bahwa logo harus dapat diskalakan untuk mewakili merek kamu di mana saja.

Logo yang dapat diskalakan harus masuk akal, terlihat bagus dan tetap dapat dibaca dengan ukuran berapa pun, apakah itu dicetak pada kartu bisnis kecil atau pada poster besar.

Jika kamu memasukkan terlalu banyak detail dalam logo, itu akan mempersulit untuk memperkecil ke ukuran kecil.

Untuk mencapai skalabilitas dalam logo, perancang akan membuat logo kamu dalam format vektor. File vektor dibuat dengan mengingat ulang, sehingga logo kamu terlihat sama tajamnya ketika itu meledak hingga ukuran besar.

5. Saldo dan Proporsi


Desain yang proporsional akan menyeimbangkan antara berbagai elemen yang membentuk logo kamu.

Proporsi mengacu pada bobot masing-masing elemen yang membentuk logo. Dari perspektif praktis, proporsi yang tepat akan membuat logo kamu utuh dan membantunya masuk akal.

Logo simetris diseimbangkan melalui elemen-elemen berbobot sama yang disejajarkan di kedua sisi garis tengah.

Di sisi lain, logo asimetris dapat diseimbangkan juga, menggunakan bobot yang berlawanan untuk membuat komposisi yang tidak genap, tetapi masih memiliki keseimbangan.

6. Kelanggengan

Sebuah logo abadi terlihat sama bagusnya dalam sepuluh tahun seperti yang terlihat hari ini. Hindari menyerah pada mode berumur pendek saat mendesain logo dan tampil klasik.

Logo epik tahan uji waktu karena memperhatikan prinsip dan aturan logo yang bertahan lama, bukan apa yang dilakukan orang lain saat ini.


Seiring pertumbuhan dan perubahan perusahaan, logo yang memegang tujuan dan cita-cita mendasar kamu akan tetap terkini.

Sesuatu yang mungkin tampak aneh atau tepat waktu di lingkungan budaya saat ini dapat membantu merek kamu mendapatkan perhatian saat ini tetapi mungkin kehilangan makna itu di masa depan.

Sesuatu yang berbicara kepada kamu dan berbicara untuk kamu, akan tetap di sisi kamu selama itu.

Salah satu cara untuk menguji prinsip desain logo ini adalah membayangkan skenario berikut: Pikirkan diri kamu menjelaskan pemikiran di balik logo berulang-ulang selama bertahun-tahun yang akan datang.

Apakah penjelasan kamu masih terasa valid 5 atau 10 tahun dari sekarang?

Terapkan prinsip-prinsip logo ini untuk mendapatkan hasil yang luar biasa

Logo mencerminkan suara dan wajah merek kamu. Itu membawa banyak tanggung jawab atas nama kamu, dan oleh karena itu membawa banyak tanggung jawab untuk membuatnya setenang mungkin.

6 prinsip desain logo ini ada, untuk memandu dan membantu menguji ide-ide kamu. Dengan menggunakan aturan-aturan logo ini kamu akan dapat melihat apa yang berhasil dan menemukan kekurangan apa pun yang mungkin dimiliki desain logo kamu.

Baik itu logo pertama atau kreasi logo keseratus dan apakah kamu sedang mendesain logo sendiri atau bekerja dengan desainer grafis, pastikan untuk melakukannya dengan prinsip-prinsip desain logo.

Demikian pembahasan mengenai 6 prinsip utama desain logo, yang dikutip dari designs.com. Semoga membantu dan semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih.

6 Prinsip Utama Desain Logo

6 Prinsip Utama Desain Logo

Tujuan dari pembuatan logo itu sendiri adalah untuk mewakili merek kepada kepada semua orang, sementara juga sebagai pembeda kita dari orang lain di luar sana.

Ketika seseorang melihat logo kamu, mereka harus dapat menentukan dua hal: apakah mereka menginginkan produk dan apakah mereka ingin membelinya dari perusahaan kamu. Prinsip-prinsip desain logo akan membantu kamu melakukan itu

Mempelajari cara mendesain logo bisa terasa luar biasa. Di mana kamu mulai? Di situlah aturan logo di bawah berguna.

Desain logo adalah proses yang semakin mudah ketika kamu mendekatinya dengan pengetahuan, pengalaman dan rencana yang solid.

Jika kamu ingin membuat sesuatu yang hebat, penting untuk mengetahui prinsip - prinsip desain grafis dan mempelajari beberapa dasar-dasar desain grafis.


Kemudian tentukan siapa pelanggan dan apa yang ingin kamu beri tahu mereka. Pilihan desain logo akan membuat perbedaan besar dalam membantu kamu mengkomunikasikan pesan-pesan kepada pelanggan.

6 Prinsip Utama Desain Logo

Prinsip-prinsip desain logo di bawah ini adalah aturan yang perlu kamu ikuti jika ingin membuat logo yang efektif dan sukses.

1. Kesederhanaan


Kesederhanaan adalah apa yang membantu logo bertahan melawan tantangan waktu dan apa yang membuatnya dapat ditiru dan mudah dikerjakan. Pilihan bijak dalam jenis huruf, opsi warna dan grafik sangat penting untuk langkah ini.

Apakah logo kamu terdiri dari beberapa nuansa, gambar, font, huruf yang tumpang tindih? Pilih hanya beberapa elemen aktif untuk desain kamu, logo yang bagus tidak terlalu penuh dengan elemen, dan jangan lupa ruang putih! Kesederhanaan membutuhkan penggunaan spasi yang luar biasa.

Elemen-elemen yang membentuk logo kamu perlu bernafas sehingga logo menonjol dan berbicara dengan jelas kepada audiens

2. Orisinalitas


Logo harus cukup berbeda untuk menarik perhatian dan cukup berkesan untuk tetap diingat orang.

Pikirkan semua logo tak terlupakan yang tersimpan di ingatan kamu : Starbucks, UPS dan Apple berada di urutan teratas dalam daftar.

Mungkin kita mengingatnya karena kita melihatnya tanpa henti, tetapi mungkin juga karena mereka asli dan tak terlupakan. Logo yang berhasil menonjol dari kerumunan dengan menjadi berbeda, orisinal dan mudah diingat.

Logo kamu harus menarik pandangan pertama yang orang akan ingat dan kemudian mengungkapkan kepercayaan dan keandalan setelah interaksi berulang.

Sebuah desain logo yang unik panggilan untuk konsep desain yang unik. Ini adalah titik dalam desain logo di mana kesenian bertemu ide-ide hebat dan pemahaman yang kuat tentang desain konsumen.

Seorang desainer grafis yang terampil dapat menanggapi tujuan logo kamu, dengan semua pertimbangan ini dalam pikiran dan menciptakan sesuatu yang benar-benar asli.

3. Fleksibilitas


Logo kamu memiliki pekerjaan besar. Ini akan menghiasi semua produk kamu, papan nama toko, iklan digital dan banyak lagi (pikirkan kaos dan stiker bemper!).

Jadi, logo kamu harus fleksibel dan dapat disesuaikan untuk mendarat di mana saja. Pikirkan semua tempat yang kamu ingin menggunakan logo dan pastikan itu terlihat bagus di setiap tempat.

Memiliki logo yang sederhana dan mudah dikenali dapat membantu dengan keserbagunaan. Cara hebat lainnya untuk mencapai keserbagunaan adalah dengan logo yang responsif.

Logo responsif bersifat adaptif dan memiliki variasi ukuran, kompleksitas, atau bahkan warna yang berbeda untuk mengakomodasi dan beradaptasi di mana pun ditempatkan.

Aturan praktisnya adalah bahwa logo kamu juga harus dapat bekerja dengan warna atau latar belakang apa pun.

Itu berarti perlu terlihat bagus dalam warna hitam dan putih tanpa efek. Ini adalah bentuk tulang logo kamu yang paling telanjang. Apakah masih unik dan mudah diingat? Apakah masih membawa suara perusahaan kamu?

4. Skalabilitas


Demikian pula, logo kamu harus dapat beradaptasi dengan ukuran apa pun. Apakah bisa menggunakan papan iklan raksasa dan pena kecil? Kembali ke prinsip adaptasi, bahwa logo harus dapat diskalakan untuk mewakili merek kamu di mana saja.

Logo yang dapat diskalakan harus masuk akal, terlihat bagus dan tetap dapat dibaca dengan ukuran berapa pun, apakah itu dicetak pada kartu bisnis kecil atau pada poster besar.

Jika kamu memasukkan terlalu banyak detail dalam logo, itu akan mempersulit untuk memperkecil ke ukuran kecil.

Untuk mencapai skalabilitas dalam logo, perancang akan membuat logo kamu dalam format vektor. File vektor dibuat dengan mengingat ulang, sehingga logo kamu terlihat sama tajamnya ketika itu meledak hingga ukuran besar.

5. Saldo dan Proporsi


Desain yang proporsional akan menyeimbangkan antara berbagai elemen yang membentuk logo kamu.

Proporsi mengacu pada bobot masing-masing elemen yang membentuk logo. Dari perspektif praktis, proporsi yang tepat akan membuat logo kamu utuh dan membantunya masuk akal.

Logo simetris diseimbangkan melalui elemen-elemen berbobot sama yang disejajarkan di kedua sisi garis tengah.

Di sisi lain, logo asimetris dapat diseimbangkan juga, menggunakan bobot yang berlawanan untuk membuat komposisi yang tidak genap, tetapi masih memiliki keseimbangan.

6. Kelanggengan

Sebuah logo abadi terlihat sama bagusnya dalam sepuluh tahun seperti yang terlihat hari ini. Hindari menyerah pada mode berumur pendek saat mendesain logo dan tampil klasik.

Logo epik tahan uji waktu karena memperhatikan prinsip dan aturan logo yang bertahan lama, bukan apa yang dilakukan orang lain saat ini.


Seiring pertumbuhan dan perubahan perusahaan, logo yang memegang tujuan dan cita-cita mendasar kamu akan tetap terkini.

Sesuatu yang mungkin tampak aneh atau tepat waktu di lingkungan budaya saat ini dapat membantu merek kamu mendapatkan perhatian saat ini tetapi mungkin kehilangan makna itu di masa depan.

Sesuatu yang berbicara kepada kamu dan berbicara untuk kamu, akan tetap di sisi kamu selama itu.

Salah satu cara untuk menguji prinsip desain logo ini adalah membayangkan skenario berikut: Pikirkan diri kamu menjelaskan pemikiran di balik logo berulang-ulang selama bertahun-tahun yang akan datang.

Apakah penjelasan kamu masih terasa valid 5 atau 10 tahun dari sekarang?

Terapkan prinsip-prinsip logo ini untuk mendapatkan hasil yang luar biasa

Logo mencerminkan suara dan wajah merek kamu. Itu membawa banyak tanggung jawab atas nama kamu, dan oleh karena itu membawa banyak tanggung jawab untuk membuatnya setenang mungkin.

6 prinsip desain logo ini ada, untuk memandu dan membantu menguji ide-ide kamu. Dengan menggunakan aturan-aturan logo ini kamu akan dapat melihat apa yang berhasil dan menemukan kekurangan apa pun yang mungkin dimiliki desain logo kamu.

Baik itu logo pertama atau kreasi logo keseratus dan apakah kamu sedang mendesain logo sendiri atau bekerja dengan desainer grafis, pastikan untuk melakukannya dengan prinsip-prinsip desain logo.

Demikian pembahasan mengenai 6 prinsip utama desain logo, yang dikutip dari designs.com. Semoga membantu dan semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Related Post

Disqus Codes
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>
  • To write a underline letter please use <u></u>
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

Featured Post

Subscribe Our Newsletter

Notifications

Disqus Logo